Trus Bersemangat..Lanjutkan cita-citamu !!

Kecintaan yang besar terhadap tanah kelahiran bisa mendorong seseorang melakukan apa saja, termasuk tindakan yang memerlukan ketangguhan fisik dan mental. Karena kecintaannya terhadap tanah kelahirannya seorang pemuda asal Polewali, Mandar, Sulawesi Selatan berencana berkeliling asia tenggara dengan sepeda onthel untuk memperkenalkan tempat lahirnya yang kini masuk Provinsi Sulawesi Barat kedunia internasional.

Inilah sosok Daeng Ridwan, pemuda asal Polewali, Mandar, Sulawesi Barat saat singgah di rumah bro Petir anggota SOG Jakarta selatan dengan nomor anggota 017 di bilangan jakarta timur. (12/08/09) kemarin. Bujangan berumur 33 tahun ini bertekad keliling asia tenggara untuk memperkenalkan Sulawesi Barat sebagai provinsi baru ke 33 sekaligus mengkampanyekan gerakan anti polusi.

Di Jakarta, Daeng Ridwan berencana menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Obsesi keliling asia tenggara dilakukan dengan mengendarai sepeda onthel yang dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang membuat sepedanya lebih berat lima kali dari sepeda asalnya. Daeng berangkat dari tanah kelahirannya di Polewali Mandar tanggal 18 September 2008. Disetiap kota yang disinggahinya, Daeng selalu disambut hangat warga yang simpati, bersinggah di kominitas OI (Orang Indonesia ) ,Club Vespa di Berbagai daerah sekedar untuk mengucapkan selamat atau memberi bantuan bekal. Seperti saat singgah di di jakarta tinggal di base camp para penggemar scooter..


Suasana akrab dan saling menceritakan pengalamannya selama dalam perjalanan, Daeng sendiri pernah singgah juga di koat penulis Pemalang sekitar 5 Bulan yang lalu waktu dalam perjalanan ke jakarta dan sempat menginap disini selama 3 hari .Dia lantas membuka tas yang dia bawa, kemudian mengeluarkan piagam penghargaan dari Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh. Piagam itu diterima pada Juli 2008. Selain piagam itu, karena dinilai berjasa memperkenalkan Provinsi Sulbar, dia diberi hadiah Rp 20 juta.

Dia merasakan perjalanannya keliling Asia Tenggara tidak mudah. Sebab, mengelilingi Indonesia saja sudah banyak tantangan. Selama tiga tahun enam bulan keliling Indonesia, banyak sekali pahit getir hidup di jalanan yang dia hadapi. ''Saya sering dianggap orang gila dan ditangkap aparat. Juga pernah dihadang orang-orang jahat,'' tuturnya.
Bagaimana dia membiayai hidupnya selama di perjalanan? Lelaki yang mengaku tidak sampai lulus SD ini menyatakan pantang meminta. Apalagi berbuat jahat. Justru dengan sikapnya itu banyak orang bersimpati padanya. Dia sering menerima uluran tangan dari para dermawan di perjalanan. Karena itulah dia bisa bertahan hidup.

Daeng mengaku hingga kini sudah 17 kali mengganti ban dalam dan 5 kali ban luar sepedanya. Menurut Daeng, seluruh biaya perjalanannya di peroleh dari bantuan warga yang bersimpati. Apa yang dilakukan Daeng ini merupakan yang kedua kali. Tahun 2006, dirinya pernah berkeliling Indonesia dari Merauke sampai Pulau we. Daeng berharap warga disetiap kota yang disinggahinya mendukung apa yang dilakukannya ini,rencana nanti tanggal 22 Agustus dia akan kembali ke polman dan akan meneruskan pejalannya ke asia tenggara setelah kemaren bertemu dengan Menpora dan minta rekomendasi dari dia dan Gubernur tempat asal dia. sehingga obsesinya untuk bersepeda keliling asia tenggara dapat terlaksana dengan sukses. (kik)

13 Comments

  1. wah sip banget, bagus banget foto yg sepeda itu.... mantep... keinginan yg kuat

    ReplyDelete
  2. wah keren tuh kak.. makasih ya dah sharing :)

    ReplyDelete
  3. @mas doyok
    ya hebat tuh semangat sang petualang !!

    @cyintia
    yups ..saling berbagi !!

    ReplyDelete
  4. Hebat tuh daeng
    saya sebagai orang sulawesi kagum ama dia

    ReplyDelete
  5. Teruskan langkahmu daeng
    Ewako..!!!

    ReplyDelete
  6. vespa situbondo mana ya?ikutan juga gak?

    ReplyDelete
  7. Semangat dengan komunitasnya... moga tetap maju... salam kenal buat dunia...

    ReplyDelete
  8. Ini baru namanya tekad hidup....
    Benar2 bertanggung jawab n walaupun kecil2an dia sudah cukup mengisi kemerdekaan. Bagaimana pendapat sobat tentang plesetan lagu Indonesia Raya? Mampir ke blogku jg ya....

    ReplyDelete
  9. Inilah yang kita butuhkan untuk menunjukkan bangsa Indonesia ke dunia International...
    jangan menjadi bangsa Indonesia yang cengeng dan mengemis harta ke negara lain.

    mudah2 an dengan begini dapat menjadi panutan bagi rakyat Indonesia yang lainnya..

    ReplyDelete
  10. Good post sob,,skalian salam kenal...
     
    kunjung balik ya di

    Free Facebook Layout 
    Naikan traffic dgn promosi blog lewat facebook 
    Cara Memasang flash label di blog
     
     
    Jangan lupa ngomentnya xeps...!!!
     
    ________________________________________________________________________
    Download segera software ini asyik di pake bwt nge-NET  

    Flash LIve USB 1.2 

    Nantikan Versi Selanjutnya....!

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post