Vespa Kongo, Kendaraan Legendaris yang Harganya Tembus Ratusan Juta Rupiah

Vespa congo kluaran 1963 
Vespa kongo tidak bisa dilepaskan dari peran serta Indonesia di dunia internasional. Kendaraan legendaris yang disebut vespa ndog ini masih terus dicari kolektor.

Di situs market place, vespa kongo tersedia mulai harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tentu ada alasan vespa kongo tersedia dengan harga tinggi dan jumlah terbatas.

Harga Vespa Kongo

Dikutip dari situs marketplace, harga vespa Kongo berkisar Rp 40 juta hingga Rp 450 juta. Vespa kongo tersebut bertipe VBB dan VGLB yang dirilis tahun 1964 dan 1963.

Sejarah Vespa Kongo

Dikutip dari tulisan berjudul Pengenalan Sejarah Vespa Serta Meningkatkan Kecintaan Terhadap Vespa Melalui Buku Ilustrasi karya Suheru Maryo, dkk, vespa kongo merujuk pada negara Kongo di benua Afrika.

Kongo adalah negara tujuan pasukan perdamaian Indonesia bernama Kontingen Garuda (KONGA) yang menjalankan misi bersama PBB. Pasukan yang telah menyelesaikan tugasnya mendapat penghargaan dari pemerintah berupa vespa tahun 1963-1964.

Dokumen dari bea cukai tentang vespa congo 

Vespa tersebut kemudian dikenal sebagai vespa kongo atau vespa ndog, kata dalam bahasa Jawa yang berarti telur. Sebutan ini merujuk pada penutup mesin yang bulat mirip telur, sehingga memengaruhi tampilan vespa.

Dalam tulisan berjudul Perancangan Buku Ilustrasi "Vespa Nusantara" dari Bilal Abiyhasa, vespa kongo dikenal sebagai tipe yang sarat romantisme sejarah. Vespa ini menjadi pionir dan pemicu popularitas kendaraan asal Italia ini di Indonesia.

Perbedaan Vespa Kongo dan Vespa VBB

Vespa kongo umumnya merujuk pada tipe VGLA dan VGLB, meski ada yang menggunakan VBB. Dikutip dari tulisan berjudul Identitas Vespa Klasik: Autentik Diri Dalam Berekspresi (Studi Kasus Komunitas Depok Vespa Club Cilodong) oleh Nur Hanifah, berikut perbedaan keduanya:

1. Tahun Produksi

Vespa kongo: diproduksi pada 1963 di Jerman.

Vespa VBB: diproduksi pada tahun 1961-1963 di Italia.

2. Bentuk spidometer

Vespa kongo: spidometer berbentuk kotak.

Vespa VBB: spidometer berbentuk oval.

3. Jumlah ring ban

Vespa kongo: memiliki 10 ring ban.

Vespa VBB: memiliki 8 ring ban.

4. Saklar handle

Vespa kongo: punya saklar handle.

Vespa VBB: tidak punya saklar handle.

Bagi Scooterist  yang ingin memiliki kendaraan legendaris vespa kongo, jangan lupa cek kondisi mesin lebih dulu sebelum membelinya. Selain itu, wajib dicek syarat legal kendaraan sebelum berpindah tangan ( Kik )

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post