Gak Cuma Di Jakarta, Ini Kawasan Kota Tua Lain di Indonesia Yang Patut Lo Kunjungi

Kalau ngomongin soal kota tua, beberapa orang mungkin bakal langsung kepikiran sama Kota Tua Jakarta.

Destinasi wisata ikonik di ibu kota ini merupakan pusat Batavia Lama yang terdiri dari beberapa bangunan peninggalan era kolonial. Bangunan tersebut akhirnya dialihfungsikan menjadi museum, salah satunya Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta.

Namun, nggak cuma Jakarta aja yang punya kawasan kota tua, Bray . Beberapa kota di Indonesia juga punya kawasan yang sama dan dijadikan sebagai tempat wisata. Di mana aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Brok.

Jalan Braga, Bandung

Jalan yang satu ini pasti nggak lo lewatkan kalau lagi main ke Bandung. Yup, apa lagi kalau bukan Jalan Braga. Ternyata, nama jalan tersebut cukup terkenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda dan masih dipertahankan sampai saat ini. Di sisi kanan dan kiri jalan, terdapat deretan bangunan bergaya klasik yang tata letaknya mengikuti gaya Eropa era 1920 – 1940an.

Beberapa bangunan tersebut kini disulap jadi kafe dan restoran kekinian. Namun, ada juga yang masih mempertahankan arsitektur aslinya, salah satunya Gedung Merdeka atau Gedung Asia Afrika.

Kota Tua Surabaya

Di sebelah utara Surabaya, terdapat kawsan kota tua di sepanjang Jalan Karet dan Jembatan Merah. Pada zaman dulu, kawasan tersebut digunakan sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan. Karena ada banyak bangunan bernilai seni dan sejarah, kawasan tersebut pun ditetapkan sebagai cagar budaya pada 10 November 2018. Pemerintah Kota Surabaya juga bakal menata ulang kawasan tersebut dan membangun branding Suroboyo Kutho Lawas buat tempat tersebut.

Kota Lama Semarang

Jalan-jalan ke Semarang kurang afdol rasanya kalau nggak mampir ke kawasan kota lamanya. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kawasan tersebut jadi pusat pemerintahan dan perdagangan. Kawasan tersebut ini jadi cagar budaya yang terdiri dari gedung tua bernilai sejarah. 
Beberapa bangunannya pun disulap jadi destinasi wisata, seperti Gereja Blenduk, Semarang Contemporary Art Gallery, Spiegel Bar and Bistro, dan lain sebagainya.

Padang Lama

Nggak cuma di Pulau Jawa, kawasan kota tua juga ada di Sumatera, lho. Salah satunya di Padang, Sumatera Barat. Kawasan bernama Padang Lama tersebut merupakan kawasan cagar budaya yang ada di sepanjang Sungai Batang Arau. Dulunya, kawasan tersebut jadi salah satu jalur rempah di Nusantara dan pusat perdagangan VOC pada tahun 1663.

Selain itu, terdapat Pelabuhan Muara yang merupakan pelabuhan tertua di Sumatera Barat yang aktif sejak abad ke-17. Pelabuhan tersebut jadi gerbang untuk menuju Mentawai.

Jalan Sekanak, Palembang

Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang usianya 1.340 tahun. Sebagai kota tertua, udah pasti ibu kota Sumatera Selatan ini punya kawasan kota tua, dong. Kawasan tersebut berada di Jalan Sekanak.

Dulunya, jalan tersebut merupakan kediaman bangsawan Palembang yang punya hubungan erat sama Sultan Mahmud Badaruddin II. Jalan Sekanak pun jadi pusat perdagangan dan perekonomian kala itu. Namun, sejak masa Kesultanan Palembang Darussalam berakhir, sebaginya bangsawan pun mulai pindah dari kawasan tersebut.

Itu tadi beberapa kawasan kota tua di Indonesia. Tertarik mampir ke mana nih, Gaes ?

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post