Banyak Motor Listrik Desainnya Mirip Banget Vespa, Begini Tanggapan Piaggio Indonesia

Belakangan ini mulai marak produk motor listrik yang desainnya menyerupai Vespa. Dengan meniru desain motor yang sudah terkenal, mereka berusaha menarik minat para konsumen motor konvensional untuk beralih ke motor listrik. Bagaimana tanggapan Piaggio Indonesia selaku agen pemegang merek Vespa?

Managing Director dan Country CEO Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, mengatakan merek dan desain Vespa hanya ada satu. Jika ada merek motor lain yang berusaha meniru, itu sama sekali tidak akan mempengaruhi merek Vespa yang sudah memiliki ciri khas tersendiri.

"Ketika ada suatu merek berusaha meniru, itu tidak berarti apa-apa. Vespa tetap Vespa yang sudah terlindungi (hak patennya). Hanya ada satu Vespa," terang Marco kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Ditambahkan PR Executive Supervisor Piaggio Indonesia, Yolanda Goretty, Vespa sendiri tidak bisa langsung mengambil tindakan hukum bagi para produsen motor listrik yang memiliki produk motor dengan desain mirip Vespa. Karena ada aturan-aturan tertentu, yang 'membolehkan' suatu merek motor memiliki desain mirip motor Vespa.


"Harus kita double cek lagi, karena di legal action-nya, walaupun produk itu serupa, tapi kalau misalkan ada pembedanya, maka produk itu (dianggap) berbeda," kata Yolanda menambahkan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa merek motor listrik yang desainnya mirip Vespa, antara lain merek motor listrik UWinfly dan merek motor listrik MAB. Motor listrik UWinfly sudah dipasarkan secara resmi, sementara motor listrik MAB baru sekadar diperkenalkan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post