PWI Gandeng Semen Gresik Gelar Uji Kompetensi Wartawan Joglosemar

Peserta Ukw Berfoto Bersama dengan PWI dan Semen Gresik

Yogyakarta - PT SEMEN Gresik berkolaborasi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sukses mencatatkan sejarah dengan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang pertama kali secara sinergis se-Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang).

Acara digelar di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 15-17 Maret 2023. Pembukaan dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, dan sejumlah pejabat penting lainnya. 

Dilaksanakan selama tiga hari, kegiatan UKW Joglosemar diikuti sebanyak 52 jurnalis  dari berbagai media cetak dan online tingkat  Muda, madya dan utama. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X melalui Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi penyelenggaraan UKW yang di inisiasi oleh PT Semen Gresik bersama PWI Jawa Tengah, Surakarta, serta DIY. 

"Semoga dengan UKW ini mampu membantu meningkatkan kualitas dan kredibilitas jurnalis di Indonesia, sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat," tutur KGPAA Paku Alam X. Hal senada juga disampaikan Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari, bahwa kompetensi menjadi syarat mutlak bagi wartawan supaya mampu bertugas dengan baik demi keberlangsungan profesi dan pers di Indonesia. "Bukti bahwa kapan pun, mau hari ini atau kapan wartawan dituntut harus memiliki kompeten baru, wawasan keilmuan professional dan berisi bagi keberlangsungan pers di Indonesia," tegasnya.

Atal Sembiring Depari, menyatakan bahwa dari rangkaian agenda UKW Joglosemar, seluruh peserta dinyatakan 100 % lulus atau kompeten. Empat tahun Sementara itu, Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi mengaku ikut bangga telah turut menjadi bagian upaya meningkatkan kompetensi wartawan Indonesia dengan tiga hal yaitu kredibel, bertanggung jawab, dan profesional.

 "Kalau wartawan memenuhi tiga hal tersebut, apa yang dituangkan wartawan dalam bentuk visual maupun tulisan tentu banyak warga masyarakat yang teredukasi atas pemberitaan yang disajikan, tak terkecuali pemangku dunia usaha," jelasnya. Kegiatan ini bukan kali pertama PT Semen Gresik berpartisipasi dalam penyelenggaraan UKW. Bersama PWI Jateng, kerja sama telah berlangsung selama 4 tahun dengan 6 kali penyelenggaraanya. "Kami sudah mendukung kegiatan UKW sejak 2019. Berarti sudah 4 tahun. Ini merupakan penyelenggaraan yang ke-7," pungkas Supriyadi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post