Black Canyon Petungkriyono , Wisata Alam Asyik di Pekalongan Brok !

Kalau daerah Pangandaran punya Green Canyon yang begitu indah dan terkenal, ternyata Pekalongan juga punya wisata alam serupa yang nggak kalah menawannya, yakni Black Canyon Petungkriyono. Menawarkan bentang alam yang begitu alami, Black Canyon ini kini menjadi destinasi wisata alam paling hits di Pekalongan, dan nggak pernah sepi pengunjung loh, Brok ! Penasaran bisa ngapain aja di objek wisata ini?

Tempat Angker yang Jadi Favorit

Sebelum jadi tempat hits muda-mudi Pekalongan menghabiskan akhir pekan, Black Canyon Petungkriyono hanyalah sebuah tempat angker yang dialiri Sungai Welo. Dulu namanya adalah Kedung Sipingit, dimana “kedung” dalam bahasa Jawa berarti aliran air yang cukup dalam, dan kata “sipingit” atau “singit” yang berarti angker. Lama kelamaan, masyarakat sekitar menyadari potensi wisata tebing-tebing hitam yang indah dan dialiri sungai yang begitu jernih. Sampai akhirnya, terciptalah destinasi wisata baru bernama Black Canyon Petungkriyono!

Di sepanjang aliran sungai yang nggak begitu deras ini, lo bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti river tubing atau body rafting menggunakan pelampung atau alat tubing yang bisa lo sewa seharga Rp10.000. atau mandi di bawah air terjun mini yang sangat menyegarkan. Buat lo si penyuka tantangan, cobain deh melompat dari tebing, dijamin seru banget! Suasana di sekitar sungai yang merupakan hutan rimbun membuat udara di daerah ini begitu bersih dan menyegarkan. Kalau beruntung, lo bahkan bisa ketemu Owa Jawa yang bergelantungan di antara rimbun pepohonan loh! Untuk sensasi yang lebih enak lagi, usahakan datang di musim kemarau ya Brok !

Mau Berlama-Lama? Camping Aja!

Selain jadi tempat main-main air, Black Canyon Petungkriyono juga jadi tempat terbaik untuk healing di dalam tenda sambil menikmati pemandangan alam, karena disini disediakan juga lahan untuk camping loh Superfriends! Berada di ketinggian sekitar 1.300 mdpl dan masih merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, Black Canyon Petungkriyono dikelilingi hutan asri, area persawahan dan lembah hijau yang memanjakan jiwa raga. Nggak salah deh kalau tempat ini jadi tempat favorit untuk camping, apalagi biaya sewa spot kemahnya cuma Rp10.000 aja. Terjangkau banget kan?

Sambil menikmati udara sejuk khas pegunungan, lo juga bisa menikmati segelas kopi dan pisang goreng yang bisa menghangatkan badan di Black Canyon Cafe. Kalau nggak puas dan masih kedinginan, lo bisa bikin api unggun di depan tenda lo. Tapi jangan lupa untuk minta ijin dulu sama pihak pengelola ya, Brok !

Menuju Black Canyon Petungkriyono

Dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00, tempat wisata yang berada di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kota Pekalongan, Jawa Tengah ini berjarak hanya sekitar 30 kilometer aja dari Kota Pekalongan. Untuk masuk dan menikmati wisata air di Black Canyon-nya, lo hanya perlu membayar Rp5.000 aja, parkir motor Rp3.000 dan parkir mobil Rp5.000. Meski cukup terjangkau, tapi fasilitasnya super lengkap dan dijamin bikin lo nyaman dan betah berlama-lama deh! Untuk info selengkapnya, lo bisa cek di akun Instagramnya, instagram.com/blackcanyonpetungkriyono. Happy holiday, Brok !

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post