Lebih Waspada Yuk , Kenali Ciri Online Shop Instagram Palsu biar tidak kena Tipu

Nggak cuma untuk saling berbagi foto, Instagram banyak digunakan untuk jualan. Kemudahan aksesnya membuat banyak orang menyukai platform ini untuk berbelanja. 

Sayang, kepraktisannya justru sering dijadikan peluang kejahatan bagi oknum tak bertanggung jawab. Meski sudah berpengalaman, kita tetap harus hati-hati, sebab banyak online shop palsu yang melakukan penipuan dengan dalih menjual suatu barang atau jasa.

Nah, agar nggak jadi korbannya, perhatikan ciri-ciri akun online shop palsu yang penulis   bagikan berikut.

1. Biasanya, online shop penipu memiliki harga yang jauh lebih murah daripada di pasaran



Kalau sekiranya harganya terlalu jauh dari pasaran, jangan buru-buru tergiur dulu. Meski nggak semua begitu, namun alangkah baiknya kalau kamu lebih berhati-hati terhadap akun online shop yang menjual barang-barang dengan harga di bawah pasaran.

2. Akun penipu juga sering mencantumkan testimoni palsu di profil mereka

“Awalnya saya ragu untuk belanja disini, namun setelah mencoba ternyata orderan sampai, bener-bener recommended deh toko ini, harga murah barang berkualitas.”

Testimoni palsu biasanya ditulis dengan kalimat yang berlebihan. Bukan menceritakan pengalaman belanja, ini justru menuliskan keunggulan produk yang terlalu muluk-muluk.

3. Menonaktifkan kolom komentar jadi salah satu ciri online shop penipu

Alasan menonaktifkan komentar bukan karena malas membalas pertanyaan pembeli yang masuk. Tapi lebih ke nggak mau pembeli sebelumnya mengomentari atau membuka kedok pelaku. Biasanya, hal ini mudah ditemui pada online shop yang menjual gadget.

4. Mereka biasanya juga sering menganti nama akunnya

Memang sih nggak bisa secara gamblang terlihat, tapi kamu bisa kok mengeceknya melalui fitur di Instagram. Caranya: tekan tanda titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih ‘About This Account’, bukalah menu ‘Former Usernames’ untuk mengecek nama-nama akun yang pernah dipakai online shop tersebut.

5. Dari followers pun kamu bisa mengecek apakah online shop tersebut palsu atau nggak

Biasanya, akun penipu memiliki followers random yang nggak sesuai dengan target pasar mereka. Atau, bahkan followers-nya justru akun-akun spam dengan nama yang nggak jelas. Meski terkesan nggak penting, tapi kamu wajib cek followers sebelum beli di online shop tertentu.

6. Online shop palsu biasanya nggak punya atau bahkan mematikan kiriman yang ditandai (tagged)


Nah, setelah cek followers, kamu juga wajib melihat tagged mereka. Kamu patut waspada jika akun tersebut memiliki banyak pengikut dan testimoni tapi nggak ada yang menandai mereka dalam foto.


Penipuan Kedua ada lagi ada telp dari si tukang tipu bahwa barang yang kita beli ilegal dan tertahan di bea cukai nanti disuruh bayar untuk menebusnya biara tidak dilaporkan ke pihak berwajib . ini kalau korban termakan bakalan berlanjut minta lagi dan lagi dengan alasan yang  mereka buat. 

Belanja online memang lebih mudah dan praktis, tapi usahakan untuk tetap waspada agar terhindar dari hal yang nggak diinginkan. Kalau kamu mengalami atau mengetahui tindak penipuan lewat online shop seperti ini, laporkan saja ke pihak berwajib.

Jangan lupa minta pihak berwajib untuk membekukan nomor rekening yang digunakan bertransaksi supaya nggak memakan banyak korban lagi. Tetap waspada, ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post