Mengintip Pesona Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia


Seperti yang diketahui, pemerintah Indonesia menetapkan lima destinasi wisata super prioritas yang akan dikembangkan pembangunannya. Bagaimana pesona keindahan destinasi wisata super prioritas di Indonesia tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi menetapkan lima destinasi super prioritas yang bakal terus dikembangkan. Kelima wisata ini merupakan deretan kawasan yang lolos masuk program pemerintah, 10 Bali Baru yang digalakkan sepanjang 2019. Mengingat statusnya sebagai kawasan wisata super prioritas, akan ada banyak hal baru, baik dari segi infrastruktur maupun atraksi wisata.

Namun sayangnya, pengembangan destinasi wisata super prioritas sempat tertunda karena pandemi COVID-19 yang melanda sejak awal tahun 2020. Pengembangan tersebut mencakup infrastruktur, kesiapan sumber daya, dan Calendar of Event (festival) hingga satu tahun mendatang di 2021.


Nah, penasaran sama pesona kelima destinasi wisata super prioritas di Indonesia, bro? Berikut ini daftar selengkapnya.

Danau Toba, Sumatera Utara

Image source: https://www.travelcontinuously.com/from-medan-to-lake-toba-6-day-itinerary-2019/

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang terbentuk oleh letusan dahsyat Gunung Toba pada 77 ribu tahun lalu. Keindahan danau ini pun sudah terdengar hingga ke penjuru dunia.

Di tengah danau ini terdapat Pulau Samosir yang menjadi tanah leluhur dari Suku Batak yang berada di Sumatera. Dengan luas lebih dari 100 kilometer persegi dan kedalaman 505 meter, Danau Toba juga menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur dikenal sebagai kompleks percandian Buddha terbesar di dunia. Dibangun oleh Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno, dulu tempat ini pernah menjadi pusat keagamaan di Pulau Jawa sebelum akhirnya runtuh karena erupsi Gunung Merapi.

Semenjak masuk ke dalam destinasi wisata super prioritas, Candi Borobudur kerap menjadi venue berbagai acara bertaraf internasional, salah satunya ajang Borobudur Marathon pada 2019 lalu.

Likupang, Sulawesi Utara

Image Source : nusadaily.com
Nggak hanya terkenal oleh Taman Bawah Laut Bunaken, namun Provinsi Sulawesi Utara juga memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang. Kawasan ini merupakan sebuah kecamatan di Minahasa Utara yang berjarak sekitar dua jam dari Manado.

Likupang menawarkan pemandangan alam yang cantik pada pantai dan bawah lautnya. Salah satunya Pantai Pall yang membentang kurang lebih 500 meter.

Labuan Bajo, NTT

Image Source : Phinemo.com
Destinasi Labuan Bajo mengalami kenaikan jumlah kunjungan di tahun 2019. Pulau Komodo yang menjadi habitat naga purba terakhir di bumi menjadi salah satu daya tarik utama. Selain itu, wisatawan juga bisa berburu kuliner laut yang lezat di sini.

Perlu diperhatikan, wisatawan yang berkunjung sebaiknya peduli terhadap kelestarian alam, terutama terkait sampah, karena masalah lingkungan di Labuan Bajo sedang menjadi sorotan dunia.

Mandalika, NTB

Selain Gili Trawangan, ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat akhirnya meluncurkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dengan lahan seluas 1.034 hektar, Mandalika memiliki banyak pantai cantik yang wajib dikunjungi.

Pengembangan Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas terus dikebut menjelang pelaksanaan MotoGP Mandalika di 2021. Mandalika yang terletak di Lombok, NTB ini juga menjadi tujuan pariwisata alternatif selain Bali dan tiga Gili.

Nah, itulah kelima destinasi wisata super prioritas di Indonesia yang bisa menjadi pilihan tempat untuk traveling. Dari kelima destinasi tersebut, mana yang pengen banget lo kunjungi, bro?


Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post