Yuk , Menjajal Merapi Lava Tour, Tapi Kalau Sudah Aman Ya, Bro!

Destinasi wisata di Yogyakarta nggak pernah bikin bosan. Segala macam arena petualangan ada, bro. Salah satunya kegiatan menantang yang bisa lo jajal ketika di Yogyakarta itu Merapi Lava Tour. Lokasinya di Kaliurang, persis di kaki Gunung Merapi.

Jadi Merapi Lava Tour adalah istilah untuk tour wisata kawasan terdampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Nah, yang bikin menarik itu lo bakal diajak menjelah menggunakan mobil jenis jeep. Lo akan diajak keliling ke sejumlah titik yang terkena dampak langsung erupsi.

Kalau lo mau cari liburan yang nggak biasa, Merapi Lava Tour salah satu tujuan yang mesti dicoba.

Tetap Beroperasi Meski Status Siaga

                                                       Image source: tripjogja.co.id

Jasa Merapi Lava Tour ini tetap beroperasi di tengah status gunung Merapi yang masuk level siaga. Cuma memang rutenya nggak normal, artinya ada rute-rute yang yang hilangkan. Jalur yang dipangkas antara lain Bunker Kaliadem dan Bekas Rumah Mbah Maridjan.

Dua zona itu masuk zona merah, jadi mesti dihilangkan dari rute wisata demi keamanan, karena jarak zona merah itu area yang jaraknya 5 kilometer dari puncak Merapi.

Syarat di Masa Pandemi


Karena kondisi sekarang juga masih di tengah wabah virus, maka ada aturan juga yang menyertai wahana di Merapi ini. Syaratnya sudah jelas, pengunjungnya harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah dibuat sama Asosiasi Jeep wisata Lereng Merapi.

Ini bro syarat-syaratnya, catat ya!

Untuk penumpang

1. Wajib menggunakan masker

2. Cuci tangan dengan sabun sesering mungkin

3. Jaga jarak min 1,5 meter

4. Wisatawan tiga dewasa tambah satu anak-anak dibatasi dengan tabir dengan driver atau pemandu.

Armada Jeep:

1. Menyediakan hand sanitizer di setiap armada

2. Penyemprotan disinfektan setiap kedatangan.

Base camp komunitas:

1. Menyediakan tempat cuci tangan

2. Menyediakan thermo gun

3. Menyediakan kotak pembayaran atau dengan pembayaran non tunai

4. Tabir pembatas dengan penerima tamu

5. Tempat tunggu dengan jaga jarak

6. Ruang isolasi untuk wisatawan dengan suhu 37,5 derajat dan mencatat identitas tamu.

Wisata jeep Merapi ini ada beberapa paket perjalanan mulai dari short, medium, long, dan sunrise. Mobil jeep maksimal berisi 4 orang dewasa dengan harga short Rp 350.000, medium dan sunrise Rp 450.000, dan untuk long Rp 550.000.

Tips Menjajal Merapi Lava Tour

                                                     Image source: korinatour.co.id

Kumpul keberanian lo bro buat menjajal petualangan di atas mobil jeep ini. Tapi sebelum itu, ada tips yang perlu diperhatikan. Pertama perara cuaca. 

Buat lo yang mau mencoba wahana ini usahakan datang disaat musim kemarau tiba. Karena momen itu panorama Gunung Merapi lagi terlihat begitu jelas. Dan pastinya nggak perlu basah-basahan buat ngerasain keseruannya. Idealnya sih datang pagi hari, karena cuacanya juga masih bagus.

Lalu pakaian usahakan yang nyaman bro. Karena cuaca panas, maka lengan panjang sangat disarankan supaya kulit nggak terbakar. Termasuk kaca mata hitam, jangan sampai ketinggalan di penginapan. Masker juga penting bro, karena lo akan berhadapan dengan debu dan tanah. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post