Yang Perlu Diperhatikan Pendaki Sebelum Meninggalkan Camp Area

Salah satu tujuan dari mendaki gunung yang dilakukan para pendaki adalah bisa menapaki puncak gunung atau summit. Namun, sebelum menikmati indahnya pemandangan sunrise dari atas gunung, pendaki biasanya harus meninggalkan barang bawaan di tenda. Perhatikan tipsnya berikut ini!

Melakukan pendakian terutama gunung dengan ketinggian di atas 2.500 meter di atas permukaan laut pastinya para pendaki akan melakukan aktivitas summit atau menuju ke puncak gunung. Kegiatan summit ini biasanya dilakukan pendaki saat dini hari menjelang pagi, hal ini agar ketika sampai di puncak gunung bisa menikmati matahari terbit atau sunrise.

Perlu diketahui, saat melakukan kegiatan summit ini pendaki diharuskan meninggalkan segala macam bawaannya di camp area sebelum puncak. Pasalnya, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah perjalanan menuju ke puncak gunung yang biasanya memiliki kontur trek yang lebih berat dan terbilang sulit jika membawa beban berlebih.

Namun, sebelum meninggalkan camp, pendaki pun harus mempersiapkan segala hal untuk perbekalan summit, seperti logistik selama perjalanan ke puncak, hingga peralatan yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, pendaki juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum meninggalkan camp area menuju puncak.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan pendaki sebelum meninggalkan camp area untuk menuju puncak gunung.

Bersihkan Area Camp

                                         Image source: unsplash.com/@stephenmeszaros

Sebelum ditinggalkan, sebaiknya bersihkan area camp terlebih dahulu. Seperti makanan dan sampah agar nggak tercecer di area camp. Hal ini diperlukan agar nggak mengundang hewan liar datang ke lokasi camp yang ditempati, yang bisa berakibat merusak tenda-tenda dan lainnya.

Bawa Barang Berharga

                                              Image source: unsplash.com/@falaqkun

Nah, ini hal yang terpenting, bro. Jangan meninggalkan barang-barang berharga seperti ponsel, dompet, kamera, dan barang lainnya. Sangat disarankan untuk membawa barang-barang berharga tersebut, untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan terjadi ketika meninggalkan tenda.

Pastikan Tenda Tertutup

                                                Image source: unsplash.com/@bettenz

Jangan sampai meninggalkan tenda dalam keadaan terbuka ya, bro. Supaya lebih aman, ada baiknya sebelum meninggalkan area camp, tutuplah tenda terlebih dahulu.

Ada Pendaki yang †etap di Area Camp

                                           Image source: unsplash.com/@caspersky123

Saat melakukan pendakian, ada baiknya mengajak teman yang sudah pernah menuju puncak gunung tersebut, bro. Hal ini agar pendaki yang ingin mencapai puncak bisa menugaskan teman tersebut untuk menjaga tenda di area camp supaya nggak benar-benar kosong. Jadi, nggak semua pendaki meninggalkan tenda untuk ke puncak gunung semua. Jika diperlukan, lakukan penjagaan lokasi camp lebih dari satu orang, bro.

Beberapa hal tersebut tentu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan selama melakukan pendakian. Kasus pencurian di gunung yang dialami para pendaki pun nggak sedikit, bro. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu waspada dan berhati-hati saat harus meninggalkan tenda untuk melakukan summit.

Sebaiknya tenda jangan ditinggal tanpa ada yang menjaga ya, bro. Atau bisa menitipkannya kepada jasa penitipan di pos jika ada.

Source: https://mounture.com/tips-dan-trik/menuju-puncak-gunung-perhatikan-hal-ini-saat-tinggalkan-tenda/

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post