• 16.10.19

    Tim Jelajah Pemalang Explore Potensi desa Pesantren Pemalang


    tim jelajah pemalang menuju spot utk memancing 
    Pemalang, - Desa Pesantren merupakan desa yang berada paling barat di wilayah Kecamatan Ulujami. Desa ini memiliki beragam potensi yang dapat dikembangkan baik untuk wisata maupun untuk pengembangan desa.
    Potensi tersebut antara lain adalah wilayah Desa Pesantren yang dilalui aliran Kali Comal, memiliki lahan tambak, memiliki garis pantai, terdapat lahan PTPN IX Semugih, terdapat makam Syekh Maulana Maghribi dan terdapat usaha pengasapan ikan serta bandeng presto.Melihat potensi ini Tim Jelajah Pemalang bersama Pemerintah Desa Pesantren menyelenggarakan Jelajah Pemalang Trip Desa Pesantren yang dilaksanakan pada tanggal 11-13 Oktober 2019.
    Pada hari pertama, Jumat (11/10/2019) Tim Jelajah Pemalang melakukan perjalan dari seputar Alun-Alun Pemalang menuju Desa Pesantren via Petarukan dengan jarak kurang lebih 24 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Selanjutnya Tim dan perangkat desa berserta ulama melakukan ziarah ke Makam Syeh Maulana Maghribi. Sepulang ziarah Tim Jelajah Pemalang istirahat di Balai Desa Pesantren.
    Ziarah makam Syekh Maulana Maghribi
    Esok harinya Sabtu (11/10/2019) Tim Jelajah Pemalang menuju ke jembatan gantung. Jembatan menjadi perantara Desa Pesantren dan desa di seberang Kali Comal, Desa Mojo dan dilanjutkan dengan jalan-jalan ke pasar tradisional, Pasar Kali Jamuran yang berada kurang lebih 500 meter ke utara dari Balai Desa Pesantren. Di sana tim Jelajah Pemalang melihat dan jajan makanan tradisional.

          
    Kegiatan dilanjutkan dengan berburu dan memancing. Tim dibagi dua, tim Jelajah Pemalang bersama Pemalang Shooter Club melakukan perburuan hama di kawasan Hutan Kelapa PTPN IX Semugih Afedling Pesantren dan tim lainnya melakukan pemancingan di area bakau dengan naik perahu. Menuju perkebunan kelapa, tim berburu menggunakan mobil Willis dan sepeda motor. Sesampai di lokasi, tim langsung berpencar dan mencari spot masing-masing. Sayangnya tidak banyak hama tupai yang dijumpai karena melakukan perburuan di siang hari. Tim hanya berhasil mendapatkan satu tupai. Kegiatan berburu ini cocok dilakukan pagi atau sore hari.



    Tim mancing menyusuri Kali Comal terlebih dahulu dengan perahu nelayan yang besar, kemudian berganti menggunakan perahu yang lebih kecil agar bisa memasuki area sekitar mangrove. Di sana mampir ke salah satu spot tempat pembakaran kerang tiram. Makan kerang dulu, hehe. Selesai makan kerang, dilanjutkan dengan memancing.


    Sepulang dari berburu, Tim melakukan kunjungan ke tempat pembuatan Bandeng Presto milik Ibu Yammi. Tim melakukan wawancara seputar aktivitas pembuatan dan penjualan bandeng presto tersebut. Ternyata, di Desa Pesantren dengan hasil tambak bandeng yang melimpah sangat memungkinkan untuk dikembangkan usaha pembuatan Bandeng Presto dengan skala yang lebih besar. Sepulang dari kegiatan memancing tim membangun tenda di Lapangan Desa Pesantren. Setelah itu menikmati kelapa muda sambil menikmati semilirnya angin di sekitar lokasi pembangunan tenda.

    Malam harinya, tim jelajah bersama Pemdes Pesantren menggelar dialog bersama warga di tempat lokasi tenda atau Lapangan Desa Pesantren. Dalam dialog tersebut dipandu oleh Ketua Tim Jelajah Pemalang, Bagus Sutopo dan diisi oleh perwakilan dari Polsek Ulujami memperkenalkan aplikasi Jogo Wargo yang dapat dimanfaatkan warga bila mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dan butuh bantuan polisi. Pengisi berikutnya adalah Elman Prasetyo dari Badan Promosi Pariwisata Daerah yang memberikan pengarahan bagaimana tahapan agar desa bisa menjadi desa wisata. Baik warga maupun Tim Jelajah Pemalang terbalut kehangatan di malam tersebut.


    Di hari ketiga, Minggu (13/10/2019) Tim Jelajah Pemalang menyambangi kebun melati di Dusun Sidomulyo. Disana, Ketua Tim Jelajah Pemalang, Bagus Sutopo melihat dan berbincang dengan para pemanen bunga melati. Selanjutnya kegiatan diisi dengan senam bersama di halaman SDN 03 Pesantren. Senam ini dipandu oleh Sebta salah satu anggota Jelajah Pemalang dan diikuti oleh anggota PKK. Selesai senam, Tim bersama anggota PKK sarapan dan kegiatan dilanjutkan dengan Literasi Digital yang dipandu oleh Massol dari Relawan TIK. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan edukasi terkait pemanfaatan gadget dan internet serta bagaimana cara mendidik anak terkait penggunaan dan pemanfaatan gadget 

    Selesai kegiatan Literasi Digital, tim berkemas dan pamitan untuk pulang. Sebelum pulang Tim Jelajah Pemalang diajak Kepala Desa Pesantren, Nurokhim untuk menikmati sate terlebih dahulu.“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan jelajah Pemalang ini, dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya mengangkat Desa Pesantren sebagai aset pariwisata di wilayah Kabupaten Pemalang”, ujar Kepala Desa Pesantren.
    Menurut Ketua Tim Jelajah Pemalang, Bagus Sutopo, kegiatan Jelajah Pemalang sebagai kegiatan yang bertujuan untuk mengeksplor potensi desa di wilayah Kabupaten Pemalang, baik itu potensi wisata, potensi alam, sumber daya manusia dan kearifan lokal. Harapannya adalah desa bersama warga bisa bersinergi membangun Desa Pesantren bersama-sama.

    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Model Baru STNK, Tak Lagi Kertas Ganti Jadi Kartu, Tahan Air Deh !

    Jakarta  - Setelah meluncurkan Smart SIM, Korlantas Polri kini tengah mengkaji surat tanda nomor kendaraan (STNK) elektronik. STNK elektro...