• 12.3.19

    KETIKA BERKUNJUNG KE BANTEN, JANGAN LUPA CICIPI 5 PILIHAN KULINERNYA YANG NIKMAT SERTA BERAGAM!

    Banten merupakan sebuah kawasan yang memiliki beragam budaya serta kulinernya yang patut untuk lo rasakan loh! Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!
    Kuliner merupakan salah satu daya tarik dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, tak heran apabila terdapat banyak kenikmatan yang berbeda. Cita rasa yang unik serta beragam pun menjadi sebuah hal yang mampu memperkaya keindahan dari Indonesia. Banten, merupakan wilayah dimana terdapat banyak pilihan kuliner yang akan dibahas di dalam artikel ini. Selain nikmat, kuliner di daerah tersebut pun juga banyak memiliki penggemarnya.

    Banten sendiri merupakan sebuah provinsi yang berada di bagian paling barat dari pulau Jawa. Serang merupakan ibu kota dari provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 9.160 km. Perlu lo ketahui pula, kalau Banten sempat menjadi kota pelabuhan yang menyimpan cukup banyak potensi di bidang pariwisata.

    Kembali berbicara mengenai kuliner yang ada, tentunya buat lo yang sudah merencanakan untuk berlibur ke kawasan ini, patut untuk mencicipi beberapa pilihannya. Nikmat serta sulit untuk dilupakan, itu merupakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana kuliner yang ada di Banten. Daripada lo semakin pensaran, langsung saja simak beberapa pilihan kuliner dari Banten di bawah ini.

    Kuliner Khas Banten – Leumeung
    Ini merupakan kuliner Banten yang patut untuk lo rasakan karena kenikmatan serta cita rasa yang dimilikinya, namun memang bagi orang yang tinggal di luar atau bukan orang asli Banten, akan menemukan kesulitan untuk mengetahui kuliner satu ini.

    Leumeung sendiri meruapkan kuliner yang berbahan dasar campuran beras ketan berbumbu santan kelapa ketan. Adonan beras ketan dan santan kemudian dimasukkan ke dalam bilah-bilah bambu untuk dibakar para perapian hingga matang.

    Biasanya warga Banten menambahkan telur asin sebagai menu pedampingnya. Untuk menemukan kuliner ini, lo tinggal menuju ke daerah Malingping, Lebak Selatan. Karena di daerah tersebut, terdapat banyak Leumeung yang bisa lo nikmati. Tak heran apabila Leumeung merupakan kuliner khas Banten yang patut menjadi oleh-oleh.

    Kuliner Khas Banten – Gipang
    Mengenai kuliner khas Banten berikutnya ini merupakan sebuah kudapan yang sering menjadi teman ketika sore hari datang, menikmatinya dengan secangkir teh bisa menjadi sebuah momen yang cukup istimewa. Tak heran apabila banyak dari warga Banten yang sangat suka dengan Gipang.

    Gipang merupakan makanan ringan yang menjadi salah satu panganan khas orang Banten yang banyak juga dijual sebagai oleh-oleh. Kuliner ini pun terbuat dari ketan yang dicampur ke dalam air gula. Cita rasa yang manis beserta tekstur yang renyah dan sedikit lengket menjadi sebuah rasa yang akan lo dapatkan dari setiap gigitannya.

    Kuliner ini juga bisa dibuat dari beras ketan merah atau ketan putih.Saat ini kue Gipang telah dimodifikasi hingga memiliki cukup banyak rasa, seperti rasa pandan dan gula merah. Selain itu, ada juga yang dipoles dengan selai kacang untuk memberikan rasa yang lebih menggoda selera.

    Kuliner Khas Banten – Opak
    Ini merupakan salah satu kuliner khas Banten yang jangan sampai lo lewati kalau memang ingin merasakan cita rasa yang berasal dari daerah ini, namanya Opak. Ini merupakan makanan orang Sunda yang bentuk dann penampilannya sangat mirip dengan kemplang dari Bangka.

    Untuk bisa menemukan kuliner satu ini, lo bisa mengunjungi Desa Pegelaran yang terletak di kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Di Malingping, Opak juga menjadi camilan yang banyak dijual di sepanjang Jalan Simpang – Bayah.

    Opak khas Banten sendiri juga memiliki tekstur yang kering renyah seperti kerupuk. Perbedaannya, Opak memiliki cita rasa yang lebih khas. Dan hanya terdapat dua jenis Opak. Ada yang terbuat dari beras ketan dan juga ada opak yang terbuat dari bahan singkong. Biasnaya orang Banten menikmati Opak ini untuk menemani santap nasi beserta dengan lauknya.

    Kuliner Khas Banten – Angeun Lada
    Bisa dikatakan kalau Angeun Lada merupakan kuliner khas Banten yang cukup terkenal, tak heran apabila banyak dari para warga Banten yang menyukai rasa dari makanan satu ini. Angeun Lada sendiri merupakan kuliner yang dibawa oleh masyarakat Sunda ke daerah Serang, Pendeglang dan Lebak.

    Kuliner yang terdiri dari babat sapi yang diolah bersama dengan bumbu rempah pilihan. Cita rasa dari kuliner ini sangat khas yang dihasilkan dari daun walang dan daung serangga. Kuliner satu ini pun sangat mudah untuk ditemukan, apalagi di warung-warung makan di Serang dan Pandeglang.

    Biasanya Angerun Lada selalu dihadirkan sebagai hidangan pada perayaan-perayaan penting dan saat hari raya Lebaran maupun acara keluarga. Lo tidak akan menemukan kesulitan untuk menemukan kenikmatan dari kuliner satu ini.

    Kuliner Khas Banten – Balok Menes
    Dari bentuknya saja sudah menunjukan keunikan dari kuliner satu ini, Balok Menes ini merupakan kuliner yang cukup ikonik di kecamatan Menes, Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten. Kue ini pun dibuat dengan mengolah bahan utamanya yang berupa singkong atau ubi kayu.

    Biasanya di luar Banten, orang-orang biasa menyebutnya kue balok Menes dengan sebutan getuk. Memang kuliner ini masih masuk ke dalam jenis betuk, namun balok menes masih mempertahankan warna aslinya yang putih.

    Terbuat dari bahan utama singkong ini mempunyai cita rasa serta aroma yang sangat khas. Untuk penyajiannya, kue balok menes tidak dimakan berasama parutan kelapa, melainkan serundeng. Ketika berada di kawasan Menes, lo akan dengan mudah untuk menemukan kuliner satu ini, paling banyak terdapat di Pasar Menes.

    Jadi bagaimana bro dengan pilihan kuliner khas Banten di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa, teruslah mencicipi keaneka ragaman kuliner Indonesia dan jangan berhenti bereksplorasi bro !

    Sumber : Superadventure 
    Featured Image: travelingyuk.com

    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Scooterist Pemalang Jalin Silaturahmi dan Kebersamaan Berbagi Takjil dan Bukber

    mengambil tempat di pertiggan randudongkal  Di bulan Suci Ramadhan banyak kegiatan kebaikan yang bisa dilakukan, salah satunya ,a da...