• 19.3.19

    Baru Mau Coba Rafting ? Perhatikan Beberapa Hal Ini Bro !

    credit foto  hengky kik 
    Indonesia juga terkenal dengan keberadaan sungai-sungai yang menantang adrenalin, bro. Untuk itu, rafting adalah salah satu cara untuk menikmati segala tantangan tersebut. Nah, untuk lo yang baru saja akan mulai rafting, ada 8 hal yang perlu lo ketahui, nih.

    Tergolong sebagai aksi petualangan yang ekstrim, rafting menjadi salah satu alternatif aksi petualangan saat lo berada di alam bebas dan bertemu dengan sungai besar yang deras. Rafting, secara singkat adalah menaklukan hulu sungai tersebut.
    Menaklukan segala jeram yang besar, air terjun, bahkan batuan cadas yang besar dan tetap menjaga keseimbangan agar perahu karet yang lo tumpangi tidak terbalik, adalah salah satu keahlian yang harus lo kuasai saat akan rafting.
    Nah, untuk mengetahui berbagai hal lainnya, sila simak bahasan kali ini, yang akan mengulas tentang 8 hal yang perlu lo ketahui sebelum memulai rafting.

    Musim Hujan, Waktu Terbaik Untuk Rafting
    Rafting di sungai Progo Magelang bareng Genpi Foto Hengky 
    Banyak yang bilang bahwa rafting pada musim hujan sangat berbahaya. Namun, pada kenyataanya, musim hujan adalah salah satu waktu terbaik untuk rafting, mengapa? Hal ini dikarenakan oleh debit air sungai yang meninggi, serta menghasilkan aliran aurs yang deras.
    Sehingga jeram-jeram semakin membesar lalu pengarungan sungai menjadi lebih mendebarkan. Tidak perlu khawatir bro – tiap operator rafting pasti sudah memperhitungkan segala kemungkinan saat debit air tinggi atau rendah.

    Pelampung Kekecilan? Minta Ganti!
    Credit Foto  Hengky Kik
    Pastikan pelampung yang lo gunakan saat rafting tidak kekecilan. Tidak perlu berdiam diri saja, bro langsung saja tolak dan minta ganti pelampung yang ukurannya sudah sesuai dengan ukuran tubuh lo tersebut. Oh iya, jangan sampai dapat pelampung yang sudah robek atau tidak mempunyai tali ya.
    Pelampung kekecilan akan membuat lo susah untuk bernafas. Hal ini akan merugikan diri lo dan satu tim lo nanti. Kesulitan bernafas akan membatasi ruang gerak lo. Oleh karena itu, pastikan pelampung pas dengan tubuh lo. Eits, jangan kebesaran juga, ya. Hal tersebut nantinya malah menyusahkan lo kalau pelampungnya terlepas!

    Celana Panjang Juga Menyulitkan Pergerakan Lo
    sungai Progo Credit Foto  Hengky Kik
    Celana panjang akan membuat lo susah untuk bergerak, lho. Selain itu, kalau lo terjatuh dari perahu karetnya, lo akan kesulitan untuk berenang jika menggunakan celana panjang. Oleh karena itu, pilihlah celana pendek yang mengikat.
    Untuk lo yang ingin mengetahui celana apa yang tepat, sebenarnya sudah banyak celana pendek yang berbahan dasar waterproof, lho. Oleh karena itu, sila gunakan celana pendek agar ruang gerak lo tidak terbatasi dengan mudah.

    Hindari Warna Baju atau Celana Yang Terang
     credit photo: gio.in
    Warna pakaian yang terang dan dalam keadaan basah akan membuat tubuh lo mudah diterawang nih. Oleh karena itu, khusus untuk lo para petualangan perempuan, sebaiknya cari pakaian yang berwarna gelap. Hal tersebut berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Perhatikan Grade dan Level Sungai
    credit photo: outdooralbania.com
    Rafting harusnya bisa disesuaikan dengan skill dan keahlian yang lo punya. Oleh karena itu, perhatikan grade atau level sungai yang ada. Grade atau level sungai terdiri dari I, II, III, IV, V, dan VI. Enam tingkatan tersebut berdasarkan kondisi sungai.
    Grade I merupakan sungai yang tenang, dan tidak mempunyai jeram yang terlalu susah. Oleh karena itu, sebaiknya, untuk lo yang baru saja memulai untuk rafting, pastikan grade sungainya tidak lebih dari III. Hal tersebut dikarenakan sungai yang sudah melebihi grade tersebut, akan memiliki berbagai jeram yang rumit.

    Sungai Alas Di Aceh, Sungai Favorit Para Pecinta Rafting !
    credit photo: citraalam.id
    Bagi pemain rafting profesional, Sungai Alas Aceh menjadi sungai terbaik untuk rafting. Sungai Alas mempunyai variasi grade. Mulai grade 3 hingga 4. Sungai Alas juga biasa digunakan untuk kejuaraan nasional. Sungai alas juga mempunyai berbagai kelokan tajam yang dilengkapi dengan arus yang deras.
    Sungai yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini menyuguhkan pemandangan tepi sungai yang alami. Jika beruntung, lo bisa melihat gajah, rusa, dan monyet yang sedang minum di pinggir sungai.

    Beginner? Sungai Elo di Magelang Cocok Untuk Lo!
    credit photo: tripadvisor.co.id
    Selain tidak punya jeram yang begitu besar, Sungai Elo mempunyai grade II sampai III. Debit air yang deras merupakan salah satu pemicu adrenalin di sungai ini. Lo tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan berbagai jeram yang ada di sungai ini karena cukup mudah.
    Waktu pengarungan juga tidak terlalu panjang, hanya sekitar 2 jam saja, lo sudah dapat mengarungi Sungai Elo tersebut.

    Sungai Alas dan Leonardo D’Caprio
    credit photo: detiktravel.com
    Bukan bermain rafting sih, tapi Leo pernah mengarungi Sungai Alas saat mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser. Leo bersama Adrien Brody terlihat menyusuri sungai untuk melihat keanekaragaman flora fauna di sana.
    Wah bagaimana nih bro? Dengan berbagai hal di atas yang sudah dijelaskan, apakah cukup untuk membuat lo semangat rafting? Kalau iya, langsung saja nih lo persiapkan segalanya, ikuti penjelasan di atas, dan selamat mengadu adrenalin di sungai dengan rafting!



    1 comment:

    1. Pertama kali rafting awalnya ragu, eh ternyata nagih ya. :)

      ReplyDelete

    Featured post

    Ingin Mampir ke Kawasan Suku Baduy? Jangan Lupakan 7 Aturan Adat Ini Bro !

    Suku Baduy dikenal masih setia menjalankan tradisi adat yang diwariskan leluhur mereka. Bila hendak menyambangi kawasan Baduy, lo perlu men...