• 22.5.18

    Salah satu makanan khas Bulan Ramadhan di Pemalang Kraca #PesonaRamadhan2018

    Makanan khas bulan Ramadhan di Pemalang " Kraca " 
     Kraca, sejenis keong yang sering menjadi hama tanaman padi, di kota pemalang dan sekitarnya bisa menjadi masakan yang sedap untuk kudapan. Biasanya sangat  banyak ditemukan di warung-warung saat menjelang buka puasa di bulan ramadhan.

    Tidak dipungkiri bagi orang yang belum pernah merasakan atau melihat masakan ini pasti akan merasa aneh atau jijik dengan bentuknya yang masih berupa rumah keong berwarna hitam atau coklat kehitaman, namun jangan tanya rasanya kuahnya yang pedas dan berbumbu rempah sangat segar disantap pada sore hari tapi tergantung pula pada para tangan pemasaknya, bila pengolahannya kurang baik kraca atau keong ini akan berasa mentah dan berlendir.

    Dahulu kraca biasa dianggap remeh dan hanya dipandang sebagai hama di sawah, dengan warna telur yang merah jambu yang menarik, kraca hampir mirip dengan hama keong mas, hama yg sering menyerang padi padian, hanya saja keong mas berwarna kuning kecoklatan dan bentuknya lebih besar dari kraca dan saya kurang tahu apakah keong mas dapat dikonsumsi.

    Seorang pedagang masakan yag menyajikan kraca di Jalan Beringin Pelutan Pemalang , mbak Pat (52) mengaku Jalan berjualan kraca setiap hari di bulan Ramadhan , sehari harinya dia penjual makanan di kawasan kantor Dinas Kesehatan Pemalang.  masakan ini menjadi hidangan favorit untuk berbuka puasa. Bahkan, kata dia, omzet penjualan kraca selama bulan Ramadhan bisa meningkat hingga lima kali lipat jika dibanding hari biasa “Jelasnya 


    No comments:

    Post a Comment

    Featured post

    Baru Mau Coba Rafting ? Perhatikan Beberapa Hal Ini Bro !

    credit foto  hengky kik  Indonesia juga terkenal dengan keberadaan sungai-sungai yang menantang adrenalin, bro. Untuk itu, rafting ad...