Persiapan Ekstra Untuk Mudik Menggunakan Motor



Momen mudik akan hadir sebentar lagi. Setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa, tentu banyak yang sudah mempersiapkan diri dan kendaraannya untuk melaksanakan kegiatan mudik. Karena kondisi jalanan yang bervariasi dan lalu lintas yang sulit diprediksi, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal dan perlengkapan berkendara motor penting yang perlu dipersiapkan untuk mudik menggunakan motor.

Cek Kondisi Motor Luar Dalam
Kondisi kendaraan ketika melakukan perjalanan jarak jauh haruslah dalam keadaan prima. Untuk itu, segala bagian dari motor mulai dari dari oli, kampas rem, dan kelistrikan seperti lampu harus menjadi perhatian Anda. Maka sebaiknya lakukanlah servis besar di bengkel terpecaya sebelum melakukan perjalanan jarak jauh dengan motor.
Jangan lupa untuk mempertahankan kondisi standar motor sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Hindari menggunakan ban yang tidak sesuai dengan standar pabrikan agar kestabilan motor tetap terjaga ketika melakukan manuver. Selain itu,pastikankondisi spion agar sesuai dengan standar nasional Indonesia, yaitu spion dengan jarak pandang yang luas.

Gunakan Perlengkapan Berkendara Sesuai Standar
Keselamatan adalah hal yang paling utama saat berkendara. Untuk itu setiap perlengkapan keamanan motor patut menjadi perhatian anda. Pastikan untuk menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap sepert ihelm dengan label SNI, jaket motor yang waterproof, sepatu serta sarung tangan motor agar seluruh badan terlindungi ketika melakukan perjalanan. Selain melindungi tubuh dari kondisi jalan dan cuaca, perlengkapan berkendara yang lengkap juga lebih melindungi tubuh ketika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Pastikan Kondisi Badan Fit Sebelum dan Selama Perjalanan
Perjalanan jarak jauh memerlukan kondisi tubuh yang sehat. Selain kondisi jalan yang bervariasi, kondisi lalu-lintas dan cuaca akan mempengaruhikondisi tubuh ketika berkendara sehingga diperlukan tubuh yang fit. Jangan melakukan perjalanan jika anda kelelahan dan merasa tidak fit. Jangan pula memaksakan tubuh anda untuk berkendara. Jika anda merasa kelelahan dalam perjalanan, sebaiknya segera berhenti di tempat pemberhentian seperti di pom bensin atau restoran terdekat hingga badan kembali segar sebelum melanjutkan perjalanan.

Budget Lebih Akan Membantu Anda Selama Perjalanan Mudik
Perjalanan mudik tentu akan menguras kantong karena banyaknya pengeluaran yang anda butuhkan selama perjalanan.Mulai dari makan dan minum, bensin, tempat istirahat, hingga kebutuhan tak terduga lainnya. Maka, bawalah budget yang lebih agar Anda tidak kesulitan selama perjalanan mudik. Budget yang dipersiapkan juga harus dalam bentuk uang cash karena di perjalanan nanti Anda akan lebih sulit menemukan ATM dibandingkan daerah perkotaaan.
Mudik lebaran  merupakan momen bahagia setiap tahun. Persiapkanlah semuanya dari sekarang agar nantinya lancar tanpa ada masalah. Selain itu, untuk anda yang sedang mencari segala macam perlengkapan motor dan peralatan pelindung untuk persiapan mudik nanti, saat ini MatahariMall juga sedang mengadakan promo petasan Mudik untuk semua peralatan otomotif dengan diskon hingga 80% untuk anda. Jadi silahkan mengunjungi website MatahariMall sekarang. Dan yang terpenting jangan lupa berdoa saat perjalanan ya, bro! Selamat mudik! 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post